Tuesday, June 6, 2017

Histori Serta Perubahan 9 Type Boneka Fashion

Histori Serta Perubahan 9 Type Boneka Fashion

Dari Loryinggi
Boneka fashion yaitu boneka yang didesain terlebih untuk mencerminkan trend model kenakan pakaian. Boneka ini umum dimodelkan seperti gadis remaja ataupun wanita dewasa yang ditujukan jadi mainan anak-anak maupun koleksi untuk kolektor dewasa. Boneka fashion di produksi komplit dengan beragam model baju serta sebagian aksesori seperti tas, sepatu, kalung, dan sebagainya. Kado Wisuda

1. Boneka Bisque
Adalah boneka fashion paling awal yang nampak pada pertengahan era ke-19. Di produksi oleh perusahan Perancis seperti Jumeau, Bru, Gaultier, Rohmer, Simone, serta Huret, tetapi kepalanya di produksi di Jerman. Boneka ini beberapa atau semua tubuhnya terbuat dari bisque porselen dengan ukuran yang beragam sesaat matanya terbuat dari kaca. Boneka bisque di produksi jadi mainan untuk anak-anak dari kelarga kaya dengan model baju kontemporer. Serta ada dipuncak popularitas pada th. 1860 – 1890.

2. Bild-Lilli
Awal mulanya Lilli yaitu karakter kartun Jerman yang di buat oleh Rienhard Beuthien untuk tabloid Bild Zeitung di Hamburg, Jerman, lalu pada th. 1953 Bild Zeitung mengambil keputusan untuk menghasilkan boneka Lilli. Boneka Lilli didesain oleh Max Weissbrodt dari perusahaan mainan O&M Hausser serta di produksi th. 1955 – 1964 dengan dua ukuran yakni 12” (30 cm) serta 7. 5” (19 cm). Meskipun awal mulanya boneka ini di pasarkan untuk orang dewasa di bar serta toko tembakau serta merujuk jadi boneka sex, tetapi pada akhirnya boneka Lilli popular jadi mainan anak-anak.



3. Barbie
Barbie yaitu boneka fashion yang di inspirasi dari boneka Bild-Lilli yang didesain lagi oleh Ruth Handler serta di produksi oleh perusahaan mainan Amerika, Mattel Inc. Barbie mengawali kiprahnya di American International Toy Fair di New York Tanggal 9 Maret 1959. Boneka Barbie pertama di produksi dengan kenakan pakaian renang dengan corak hitam putih. Tampilan Barbie sudah beralih berulang-kali terlebih pada th. 1971 saat matanya beralih yang awal mulanya melirik kesmping lalu mejadi lihat kedepan.

4. Sindy
Sindy yaitu boneka fashion dari Inggris yang di produksi pertam kali th. 1963 di London oleh Perusahaan Pedigree Dolls & Toys. Boneka Sindy jadi mainan dengan penjualan paling baik pada tahun1968 – 1970 di Inggris. Keberhasilan itu dikarenakan oleh penambahan produksi aksesori Sindy, sesaat Mattel (produsen Barbie) tidak meningkatakan produksi aksesori Barbie hingga popularitas Barbie alami penurunan. Pada th. 1980 Boneka Sindy ditarik dari pasar Amerika Serikat sesudah Mattel ajukan tuntutan pelanggaran hak cipta. Sesudah th. 1980, Pedigree hasilkan beberapa gaun malam Sindy yang didesain oleh Beberapa Emmanuels yang populer jadi perancang gaun pengantin Putri Diana.

5. Fulla  
Fulla yaitu boneka fashion yang di pasarkan untuk anak-anak Islam jadi alternative dari boneka Barbie. Fulla di buat oleh NewBoy FZCO, produsen dari Dubai. Walau terlebih dulu sudah ada boneka yang di buat kenakan jilbab seperti Razanne serta Maroko Barbie, tetapi tidak sepopuler Fulla. Fulla mulai berhasil dipasaran pada th. 2003 serta di jual sampai ke Cina, Brazil, Afrika Utara, Mesir, Indonesia, serta Amerika Serikat. Untuk pasar Saudi, boneka Fulla dipertunjukkan dengan kenakan abaya hitam serta jilbab. 

No comments:

Post a Comment